Nikah Beda Agama dengan Shah Rukh Khan, Gauri Tak Ingin Jadi Mualaf

Kehidupan rumah tangga beda agama yang dijalani oleh pasangan Shah Rukh Khan dan istrinya Gauri Khan selalu terlihat harmonis. Jauh dari gosip tak sedap dan keduanya tetap menghormati privasi agama masing-masing.

Seperti diketahui, Shah Rukh Khan adalah penganut agama Islam dan Gauri penganut agama Hindu.

Mengenai keyakinan yang mereka anut, Gauri sempat mengatakan, “Saya menghormati agama Shah Rukh, tetapi tidak akan pernah pindah agama,” katanya seperti dikutip laman The Siasat Daily.

Meski demikian, hubungan pasangan favorit Bollywood Shah Rukh Khan dan Gauri Khan semakin hari semakin kuat. Mereka menjalani rumah tangga sejak ketenarannya belum seperti sekarang. Pasangan yang sudah menjalani bahtera rumah tangga selama 31 tahun ini dinilai sebagai pasangan yang mengagumkan. Menikah sejak 1991, sudah 3 dekade sejak Shah Rukh Khan dan Gauri Khan menyegel kesepakatan, tetapi pernikahan beda agama masih menjadi salah satu topik yang paling banyak dibicarakan.

SRK dan Gauri sudah sering membicarakannya secara terbuka di banyak wawancara sebelumnya. Gauri bahkan sempat cerita tentang menikah dalam keluarga Muslim.

Saat itu, Gauri Khan muncul bersama Sussanne Khan di Koffee with Karan di musim pertamanya. Dia ditanya tentang perbedaan agamanya dengan sang suami. Gauri pun menanggapi pertanyaan itu dengan santai, “Shah Rukh, sayangnya dia tidak memiliki orang tua. Jika mereka ada di sana, orang-orang tua di rumah, mereka akan dirawat. Tapi, tidak seperti itu di rumah kami.”

Gauri pun mengatakan, tidak memaksakan anak-anaknya untuk mengikuti ajaran agamanya ataupun ajaran agama Shah Rukh Khan.

Dia lebih lanjut menambahkan, “Saya yang bertanggung jawab baik itu Diwali atau Holi atau festival apa pun. Jadi itu sebabnya pengaruh anak-anak saya akan banyak lebih kuat Hindu, tapi masalahnya, Aryan sangat menyukai Shah Rukh sehingga dia akan mengikuti agamanya, saya rasa. Dia akan selalu mengatakan ‘Saya seorang Muslim’. Ketika dia mengatakan ini kepada ibu saya, dia mendapat,’apa maksudmu?’.”

Berbicara tentang pemikirannya tentang pindah agama, Gauri Khan juga berkata, “Ada keseimbangan, saya menghormati agama Shah Rukh tetapi itu tidak berarti bahwa saya akan pindah agama dan menjadi seorang Muslim. Saya tidak meyakini itu. Saya pikir setiap orang adalah individu dan mengikuti agama mereka. Tapi, jelas tidak boleh ada rasa tidak hormat. Seperti Shah Rukh tidak akan menghina agama saya juga.”

Itu juga dapat diingat ketika Shah Rukh bercanda meminta Gauri untuk mengenakan Burkha dan mengubah namanya menjadi ‘Ayesha’. Dalam salah satu wawancara lamanya dengan Farida Jalal, Shah Rukh Khan sempat membagikan sebuah anekdot dari hari pernikahannya dan Gauri. Dia berkata, “Saya ingat, ketika seluruh keluarga mereka, orang-orang kuno, saya menghormati mereka semua dan menghormati kepercayaan mereka, tetapi pada waktu itu, dalam resepsi kuno itu, mereka semua sedang duduk di sana ketika saya masuk jam 1: 15, berbisik “Hmmm.. Dia anak Muslim. Hmm.. Apakah dia akan mengganti nama gadis itu? Akankah dia (Gauri) menjadi seorang Muslim?”

SRK menambahkan, “Mereka semua berbicara dalam bahasa Punjabi. Jadi, saya melihat waktu dan berkata, “Oke Gauri, kenakan ‘burqa’ dan mari kita baca namaaz sekarang. Seluruh keluarga menatap kami bertanya-tanya apakah saya sudah mengubah agamanya. Jadi saya mengatakan kepada mereka, “Mulai sekarang dia akan memakai burqa sepanjang waktu, dia tidak akan pernah meninggalkan rumah dan namanya akan diubah menjadi Aisyah dan dia akan seperti ini.”

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*