Gus Miftah Bahas Kebohongan Wasiat Pemindahan Makam: Kasihan, Orang Mati Aja Masih Ditipu

Rencana Doddy Sudrajat ingin memindahkan makam sang anak, Vanessa Angel dengan alasan wasiat setelah 100 hari, menjadi sorotan dan ditanggapi oleh pendakwah Gus Miftah.

Jelas Gus, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan terkait pemindahan makam jika memang benar ada wasiat dari orang tersebut saat masih hidup. Tapi jika tidak, akan berdosa besar.

“Semuanya mengatakan haram kecuali tiga hal, ada kemaslahatan untuk almarhum, tanah yang digunakan bukan haknya, dan ada kemaslahatan untuk masyarakat umum itu baru boleh, kalau memang benar adanya wasiat,” ujar Gus kepada awak media.

“Tapi kalau kemudian berbohong atas nama almarhum, itu juga besar lagi dosanya. Orang mati aja masih ditipu, kan kasihan,” Gus menegaskan.

Lebih lanjut, pria yang memiliki nama lengkap Miftah Maulana Habiburrahman ini mengatakan jika pengurusan pemindahan makam terbilang tidak mudah.

“Klausul administratif hukum normatif dan negara itu susah, tidak gampang. Jadi tidak semerta-merta makam itu bisa dipindahkan, ada klausulnya dan ini tidak mudah untuk dipenuhi,” pungkasnya.

“Kalau kemudian ada wasiat, wasiat itu bertentangan dengan agama, tentunya wasiat itu tidak boleh dijalankan, kalau bertentangan dengan hukum agama,” terangnya.

Gus bahkan sampai menelpon teman-temannya yang mengurusi pemakaman, dan mengatakan jika proses pemindahan makam repot.

“Tapi kalau pandangan agama, sudah saya sampaikan kemarin, saya bertanya kepada teman-teman saya yang ngurusin pemakaman boleh nggak ‘itu prosesnya susah Gus, repot’. Memindahkan makam, jangankan hukum agama, hukum negara aja susah, hukum normatif susah,” Gus menyambung.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*