8 Artis yang Tidak Kuliah Tapi Sukses dalam Berkarier Sampai Kaya Raya

Jarang diketahui bahwa ada beberapa artis yang tidak kuliah tapi kehidupan sekarang sangat kaya dan sukses dalam beberapa bidang. Dari dulu sampai kini pendidikan memang sering dipandang sebagai tolak ukur kesuksesan seseorang yang akan dicapai di masa depan. Terlebih masih banyak orang tua yang tengah berjuang untuk menyekolahkan anak-anaknya sampai ke jenjang yang lebih tinggi. Tapi, tidak semua orang beruntung dapat melanjutkan pendidikannya.

Alasannya sangat beragam, mulai dari kekurangan biaya, terbentur kondisi keluarga, atau lebih memilih untuk bekerja dan meraih kesuksesan yang lain. Perlu dipahami juga bahwa tingkat dan jalan kesuksesan setiap orang berbeda-beda, dan tidak semuanya bisa dicapai dengan gelar pendidikan tinggi. Sukses dapat diraih melalui pengalaman hidup di luar pendidikan formal. Karena pengalaman adalah ilmu yang paling berharga. Seperti yang dilakukan oleh beberapa artis ini, mereka tidak melanjutkan pendidikan tapi bisa menjadi kaya dan sukses seperti sekarang.

Lalu, Siapa Saja Artis yang Tidak Kuliah Tapi Kehidupan Sekarang Sangat Kaya dan Sukses?

1. Raffi Ahmad

Raffi Ahmad merupakan salah seorang artis yang tidak kuliah tapi bisa sukses dan dikenal hampir seluruh masyarakat Tanah Air. Raffi dikenal sebagai seorang pembawa acara dengan bayaran tinggi dan hampir merajai berbagai acara televisi nasional. Usut punya usut, ayah dari Rafathar ini hanyalah seorang lulusan Sekolah Menengah Pertama atau SMP.

Raffi Ahmad terpaksa tidak melanjutkan sekolahnya ke jenjang yang lebih tinggi lantaran harus menjadi tulang punggung untuk keluarganya. Sekarang, Raffi Ahmad sangat sukses berkarier di industri hiburan Tanah Air dan menjadi salah seorang artis dengan bayaran tertinggi. Bahkan, suami dari Nagita Slavina ini juga memiliki berbagai bisnis, salah satunya adalah klub bola Rans Cilegon FC yang baru diakuisisi.

2. Inul Daratista

Siapa yang tidak mengenal sosok diva dangdut Indonesia, Inul Daratista. Penyanyi dangdut yang terkenal lantaran goyang ngebornya ini mungkin semua orang pernah mendengar cerita sebelum ia meraih kesuksesannya sekarang. Saat memulai kariernya, Inul menjalankan awal yang berat sebagai penyanyi dangdut.

Ketika masih belia, ia hanya bisa mengenyam pendidikan sampai SMP saja sehingga menjadi salah seorang artis yang tidak kuliah. Hal ini karena ada masalah finansial yang membuatnya tidak bisa melanjutkan pendidikan formal. Lalu, Inul melanjutkan kariernya dengan menjadi penyanyi dangdut dari panggung ke panggung sampai akhirnya sukses seperti sekarang.

3. Nia Ramadhani

Nia Ramadhani sering menjadi sorotan lantaran statusnya menjadi seorang menantu pengusaha kaya raya dan sifatnya yang sangat unik. Istri dari Ardie Bakrie ini diketahui tidak melanjutkan pendidikan formalnya ke Sekolah Menengah Atas (SMA), lantaran lebih memilih untuk meniti karier di dunia hiburan.

Nia Ramadhani telah menginjakkan kaki di industri hiburan Tanah Air sejak dirinya masih sekolah. Ketika jadwalnya yang sangat padat di dunia hiburan, Nia Ramadhani memilih untuk melanjutkan sekolahnya dengan metode home schooling.

4. Kevin Aprilio

Karier Kevin Aprilio diawali dengan membentuk sebuah grup band yang bernama Vierra. Bersama dengan teman-temannya, Kevin sukses di dunia musik Tanah Air dengan lagu-lagunya yang populer.

Tidak banyak yang tahu bahwa anak komposer ternama Adie MS dan penyanyi Memes ini adalah salah seorang artis yang tidak kuliah dan bahkan tidak menyelesaikan pendidikan formal di bangku SMA. Kevin berasalan bahwa dirinya ingin lebih fokus ke dunia musik. Sampai saat ini, Kevin Aprilio masih aktif dalam bermusik sembari mengawali bisnisnya sendiri.

5. Ayu Ting Ting

Pemilik nama lengkap Ayu Rosmalina ini terkenal melalui lagunya yang berjudul Alamat Palsu, siapa sangka bahwa ia adalah artis yang kuliah. Sebenarnya Ayu Ting Ting pernah mengenyam pendidikan di Universitas Gunadarma, Depok, Jawa Barat. Namun, pada akhirnya ibu satu anak ini memilih untuk tidak menyelesaikan pendidikan tingginya.

Walaupun hanya menyandang status sebagai lulusan SMA, Ayu Ting Ting sukses menjadi seorang artis. Karena, sekali manggung aja ia bisa memperoleh bayaran mulai dari Rp100 juga hingga Rp300 juta. Padahal jika menilik ke belakang, Ayu Ting Ting rela dibayar Rp200 ribu saja. Kini, Ayu sangat terkenal, mulai dari manggung, program TV, sampai bisnis digeluti olehnya.

6. Ivan Gunawan

Namanya Ivan Gunawan bukan lagi sebagai nama baru di dunia hiburan Tanah Air. Bukan hanya dikenal sebagai seorang artis, Igun juga memiliki nama besar sebagai seorang desainer. Bahkan, desain rancangannya terkenal sampai ke mancanegara. Kesuksesan Igun dibuktikan melalui aset yang dimiliki.

Ia berhasil mempunyai rumah mewah di beberapa wilayah dan juga seorang pengoleksi tas bermerek. Bukan hanya mengandalkan ketenarannya sebagai seorang artis dan desainer, tapi ia juga memiliki berbagai bisnis yang maju. Ketenarannya sekarang ternyata Igun adalah seorang artis yang tidak kuliah dan hanya lulusan SMA.

7. Aliando Syarief

Aktor tampan yang satu ini banyak digandrungi oleh remaja masa kini dan sukses mencuri perhatian. Sejumlah sinetron, film, dan bahkan model iklan pernah dilakoni oleh Aliando. Artis muda berbakat ini ternyata belum sempat untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Bahkan, ia harus melepaskan bangku SMA untuk berkarier.

Karena itu, Aliando menjadi salah seorang artis yang tidak kuliah. Walaupun demikian, Aliando memiliki pengaturan keuangan yang sangat baik. Karena ia lebih memilih untuk berinvestasi di properti. Salah satunya adalah ia sudah membeli sebidang tanah dengan luas 700 meter. Bahkan, uang yang didapatkan dari hasil investasinya ia belikan emas batangan.

8. Zaskia Gotik

Penyanyi dangdut yang dikenal dengan goyang itiknya ini menjadi salah seorang penyanyi dangdut sukses di Tanah Air. Perjuangan Gotik, sapaan akrabnya, untuk bisa mencapai kesuksesannya saat ini penuh dengan keringat. Zaskia tidak malu mengungkapkan bahwa dirinya adalah seorang artis yang tidak kuliah karena hanya bisa merasakan pendidikan formal sampai SD.

Alasannya karena terkendala masalah finansial keluarga yang pas-pasan. Usai sukses, Zaskia akhirnya memutuskan untuk mengejar ketertinggalannya di bangku pendidikan formal lewat ujian kesetaraan paket B untuk SMP dan paket C untuk SMA.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*