Sukses Jadi Seleb, 4 Artis Ini Mantan Asisten Rumah Tangga serta TKW

Kita tidak pernah tahu nasib akan membawa kita ke mana. Seperti yang dialami beberapa selebriti ini yang tidak memiliki latar belakang sebagai penghibur atau bahkan bermimpi untuk menjadi artis. Dulu sebelum dikenal banyak orang, beberapa artis ini bekerja sebagai asisten rumah tangga. Penasaran artis mantan asisten rumah tangga itu siapa saja?

4 Artis Mantan Asisten Rumah Tangga

1. Elly Sugigi

Artis mantan asisten rumah tangga yang pertama adalah Elly Sugigi. Masyarakat tahu bahwa perempuan bernama asli Elly Suheri ini dulu bekerja sebagai koordinator penonton bayaran program televisi. Ia kemudian melebarkan sayapnya sebagai pemain sinetron di Anugerah Cinta.

Jauh sebelum itu kehidupan Elly jauh dari kata ‘nyaman’ dan ‘enak’. Di tahun 1993, ia kabur dari rumah dan menikah dengan seorang pengamen bernama Arifin. Sebagai istri, Elly membantu perekonomian keluarganya dengan berdagang kue dekat kantor walikota Jakarta Timur, dan suaminya mendapat pekerjaan tetap.

Tak lama, Elly divonis penyakit sakit usus buntu. Untuk mengobati penyakitnya, ia sampai harus berutang. Hampir bersamaan dengan itu, kontrak kerja suaminya tidak diperpanjang. Akhirnya, Elly memutuskan menutupi biaya hidup keluarganya dan membayar utang dengan menjadi asisten rumah tangga.

Belum selesai masalah usus buntu, di tahun 2004 Elly sakit paru-paru. Utangnya kembali bertambah demi menyembuhkan penyakit barunya itu.

Ia lalu mencoba peruntungan dengan mengikuti audisi acara televisi Extravaganza. Namun gagal karena audisinya sudah ditutup. Tak jauh dari tempat audisi, ia memutuskan menonton program acara Lenong Nyok. Sebagai penonton, saat itu ia mendapat bayaran sebesar Rp10.000. Hal ini kemudian dijadikan perempuan kelahiran 16 Oktober 1971 itu sebagai peluang untuk menjadi koordinator penonton bayaran.

2. Evi Masamba, Artis Mantan Asisten Rumah Tangga

Perjalanan hidup pedangdut Evi Masamba bisa dibilang berliku-liku. Istri Arif Hajrianto ini dulu pernah merasakan sulitnya hidup dari kesulitan makan hingga putus sekolah karena tidak memiliki biaya.

Evi akhirnya rela melakoni banyak pekerjaan agar bisa makan. “Iya (hidup susah), susah banget. Sebelum Evi Masamba menjadi seperti ini, orang sudah banyak yang tahu Evi Masamba pernah jadi baby sitter, pernah jadi pembantu rumah tangga. Semua pekerjaan sudah pernah Evi lakuin,” kata Evi Masamba melansir Tribun News.

Evi Masamba melakoni itu semua sampai kemudian mengikuti audisi pencarian bakat penyanyi dangdut hingga namanya dikenal sampai sekarang.

3. Cinta Penelope

Sama seperti Evi Masamba, Princess Cinta Penelope (37) terpaksa menjadi asisten rumah tangga di Jambi setelah ia meninggalkan rumah orangtuanya. Saat menjadi IRT selama dua tahun, Cinta pernah tidak digaji selama 8 bulan.

Kesal, Cinta pun kabur dan hidup di jalanan selama kurang lebih 7 tahun. Selama itu ia hidup berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain dengan mengandalkan dirinya mencari uang dengan mengamen.

Hingga kemudian ia bertemu dengan Antan Mantan drummer Sheila on Seven yang mengantarnya masuk dalam blantika musik Indonesia. Ia dipasangkan dengan Putri Lana dalam duo band Putri Penelope dengan debut single mereka Keong Racun di tahun 2010.

4. Farida Nurhan

Sebelum dikenal sebagai YouTuber sukses, Farida Nurhan hanyalah seorang tenaga kerja wanita (TKW) biasa di Singapura dan Hongkong. Setelah lima setengah tahun bekerja sebagai buruh migran, di tahun 2007 Rida memutuskan balik ke Indonesia dan terjun ke bisnis properti sebagai broker properti di Jakarta. Ia melakoni profesi ini selama 8 tahun.

Tahun 2017 Rida Nurhan tertarik menggunakan YouTube untuk me-review makanan-makanan yang dianggapnya nikmat. Video pertamanya waktu itu berjudul “Resep Sambal Goreng Komplit Ala FN” yang tayang 28 September 2017. Hingga kini video Rida yang jumlahnya sudah lebih dari 630 itu sudah ditonton lebih dari 744 juta kali.

Sejak kecil Rida memang bercita-cita mau jadi orang kaya. Ditambah, ia ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Jadi, Rida sudah menikah saat usianya masih 16 tahun. Setahun kemudian, tepatnya 27 Maret 2000 putrinya yang bernama Permesta Dhyaz Ris Putri Wibowo lahir. Untuk membantu perekonomian keluarga kecilnya, ia memutuskan menjadi TKW dan ketika masih menjadi TKW itu ia menceraikan suaminya, Sarwo Edi Wibowo.

***

Demikianlah beberapa kisah artis mantan asisten rumah tangga di Tanah Air kita, Parents. Meski sudah terkenal, mereka tidak pernah malu mengungkap masa lalu mereka kepada penggemarnya. Justru pengalaman itu dibagikan agar bisa menjadi semangat bagi orang lain juga.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*