Hasil Piala AFF: Tahan Vietnam, Thailand Jumpa Indonesia di Final

Thailand berhasil melaju ke babak final Piala AFF 2020. Melawan Vietnam pada leg kedua yang berlangsung di National Stadium, Singapura, Minggu (26/12) malam WIB, kedua tim bermain imbang dengan skor 0-0.

Hasil tersebut membuat Thailand unggul agregat dengan skor 2-0. Ini merupakan final kesembilan untuk Thailand sepanjang sejarah Piala AFF. Mereka pun akan melawan Indonesia pada final yang berlangsung 29 Desember dan 1 Januari.

Susunan Pemain Thailand vs Vietnam

Thailand XI: Budprom; Weerawatnodom, Bihr, Kaman, Bunmathan; Yooyen, Sukjitthammakul, Puangchan, Chanatip; Dangda, Charoenrattanapirom

Vietnam XI: Nguyen Manh Tran; Que Ngoc Hai, Nguyen Thanh Chung, Bui Tien Dung; Ho Tan Tai, Nguyen Quang Hai, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Phong Duy, Phan Van Duc, Ha Duc Chinh; Nguyen Tien Linh

Jalannya Laga Thailand vs Vietnam

Vietnam yang ketinggalan tampil menyerang sejak menit awal. Baru menit keempat, Nguyen Quang Hai sudah memiliki kans, tetapi upayanya masih bisa ditangkap penjaga gawang Thailand.

Kontroversi terjadi di menit ke-20. Ha Duc Chinh yang lolos dari jebakan offside dihadang oleh kiper Thailand di dalam kotak penalti. Namun, wasit tak memberikan pelanggaran terkait aksi tersebut.

Vietnam kembali mendapatkan peluang untuk mencetak gol. Ho Tan Tai yang mendapat bola di dalam kotak penalti berhasil melepaskan tendangan keras yang masih melambung di atas gawang.

Di menit ke-33 Thailand harus mengganti penjaga gawangnya. Budprom mesti diganti usai salah menapak saat berduel dengan pemain depan Vietnam.

Siwarak yang masuk menggantikan Budprom langsung bisa melakukan penyelamatan. Tendangan bebas Nguyen Quang Hai memang mengarah ke gawang tetapi bisa ditangkap oleh Siwarak.

Vietnam kembali punya peluang berbahaya. Melalui skema tendangan pojok, Ho Tan Tai bisa melakukan tandukan yang meleneceng dari gawang.

Thailand bukannya tak memiliki peluang di babak pertama. Malah, peluang emas berhasil mereka dapatkan melalui tendangan Bunmathan. Bola masih bisa ditepis oleh kiper Vietnam.

Pada babak kedua, Vietnam tak mengendurkan tekanannya. Nguyen Quang Hai melepaskan sepakan dari luar kotak penalti yang masih melebar dari gawang Thailand.

Quang Hai kembali memiliki kesempatan membuat gol melalui tendangan bebas. Akan tetapi, Siwarak mampu tampil gemilang untuk menepis bola.

Siwarak kembali melakukan penyelamatan yang baik. Pada menit ke-64, kiper bernomor punggung 23 itu menghalau upaya jarak dekat Phan Van Duc.

Tak ada gol yang tercipta di laga ini. Pertandingan selesai dengan skor 0-0.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*